Inilah 5 Cara dalam Mengelola Keuangan Usaha, Terhindar dari Kerugian

Inilah 5 Cara dalam Mengelola Keuangan Usaha, Terhindar dari Kerugian!

Mengelola keuangan usaha bisa menjadi pondasi kesuksesan dalam menjalankan usaha atau bisnis Anda. Jangan sampai uang dari usaha Anda bercampur dengan uang pribadi, sebab bisa menyebabkan keuangan menjadi tidak stabil.

Oleh dari itu, penting sekali tahu cara memisahkan usaha dan uang pribadi agar bisa dikelola dengan lebih baik. Tak bisa dipungkiri jika mengelola sebuah bisnis atau usaha memang tidak mudah. Ada banyak hal perlu Anda perhatikan, salah satu paling penting sudah pasti menangani keuangan.

Hal ini sangat penting Anda perhatian sebab keuangan menjadi denyut nadi dari sebuah usaha sekaligus mengukur apakah usaha Anda jalani berhasil atau tidak. Nah, artikel kali ini akan memberikan cara untuk mengelola keuangan dalam usaha Anda.

Inilah Mengelola Keuangan Usaha agar Bisnis Makin Sukses!

Mengelola keuangan usaha merupakan salah satu cara agar bisnis Anda terhindar dari kondisi kerugian. Salah satu tips penting yang harus Anda terapkan saat mengelola keuangan dalam usaha adalah jangan campur uang usaha dengan uang pribadi Anda.

Hal ini dalam hal pengelolaan uang usaha bisa menimbulkan kestabilan atau bisa berakibat pada kerugian. Bukan hanya tips itu saja, Anda juga harus menerapkan cara memisahkan uang modal dan keuangan agar laporan keuangan bisnis makin jelas.

Berikut beberapa caranya untuk mengelola uang bisnis Anda:

  1. Buat Perencanaan Budgeting

Dalam cara mengelola keuangan untuk usaha yang tepat, merencanakan keuangan menjadi hal utama yang perlu dilakukan. Sebagai awal mula, coba buat perencanaan keuangan usaha secara umum.

Misalnya, membuat program dan rencana usaha dalam jangka panjang, lalu setelah itu Anda bagian perencanaan tersebut ke dalam beberapa periode lebih pendek, seperti bulanan atau mingguan.

BACA JUGA :   Mengatur Keuangan Keluarga Agar Tidak Kehabisan di Akhir Bulan

Jangan lupa juga Anda membuat rencana pendapatan mencakup produk yang akan dipasarkan, strategi pemasaran yang akan digunakan, bagaimana cara memenuhi kebutuhan modal, dan sebagainya.

  1. Bayar Tagihan dan Pajak Tepat Waktu

Jika Anda mempunyai cicilan modal usaha atau tagihan berkaitan dengan operasional bisnis, pastikan guna membuatnya tepat waktu. Jadi keterlambatan pembayaran berimbas pada kenaikan denda dan bunga.

Sekecil apapun denda atau bunga dikenakan. Hal ini tetap akan berdampak pada cara mengelola keuangan bisnis. Hal sama berlaku pada pembayaran pajak. Sebagai warga negara dan pengusaha, membayar pajak yang tepat waktu merupakan suatu kewajiban.

  1. Siapkan Petty Cash

Petty cash merupakan uang tunai telah ditetapkan besarnya guna membiayai operasional bisnis dalam periode tertentu. Biasanya petty cash tidak membutuhkan nominal besar karena tujuannya adalah guna menunaikan pengeluaran usaha kecil.

Sifat pengeluaran tersebut dalam bentuk uang tunai,  bisa berupa transaksi yang mendadak atau rutin. Meskipun jumlahnya kecil, mencatat pengeluaran petty cash menjadi bagian penting dalam cara mengelola sebuah keuangan usaha.

  1. Pisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis

Kebiasaan mencampurkan antara keuangan pribadi dan bisnis merupakan kesalahan fatal,  pelaku bisnis pemula masih sering melakukan hal tersebut. Jika Anda ingin mulai menjalankan usaha, Anda butuh mempersiapkan rekening terpisah. Sebagai dasar dari cara mengelola sebuah keuangan usaha secara benar.

Rekening itu akan digunakan sebagai tempat keluar masuknya dana usaha. Sehingga penggunaannya lebih optimal dan tidak terganggu oleh kebutuhan pribadi Anda.

  1. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Cara mengelola keuangan usaha tak kalah pentingnya merupakan mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran. Hal ini bisa Anda lakukan dalam pembukuan khusus usaha.

Tujuan dari pembukuan ini agar Anda mampu melacak keuntungan dan kerugian yang diperoleh dari usaha tersebut. Pencatatan ini juga bisa membantu Anda ketika di atas ada kesalahan perhitungan atau kehilangan modal.

BACA JUGA :   Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana, Usaha Lancar Jaya!

5 cara untuk mengelola keuangan usaha di atas harus Anda terapkan agar lakukan dalam bisnis Anda jalankan makin untung dan terhindar dari kata kerugian. Jika Anda pintar mengelola keuangan dalam usaha, maka sudah terjamin suksesnya ada di depan mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *