Inilah 3 Jenis Asuransi Jiwa Beserta Penjelasannnya untuk Anda Ketahui

Inilah 3 Jenis Asuransi Jiwa Beserta Penjelasannnya Untuk Anda Ketahui!

Jenis asuransi jiwa terbagi menjadi beberapa produk, di mana setiap produknya mempunyai fungsi dan tujuan sendiri-sendiri. Asuransi jiwa sendiri memiliki tujuan dalam memberikan perlindungan kepada pemegang polis terhadap dirinya sendiri atau keluarganya.

Asuransi memegang peran penting, karena memberikan perlindungan terhadap kemungkinan-kemungkinan kerugian yang akan terjadi. Selain itu, asuransi jiwa juga memberikan dorongan yang besar sekali ke arah perkembangan ekonomi.

Salah satu asuransi perlu Anda miliki adalah asuransi jiwa. Sebelum mengetahui tujuan asuransi jiwa, penting guna mengetahui pengertian asuransi baik itu mengenai asuransi secara umum maupun terkait asuransi jiwa itu sendiri. Artikel kali ini akan membahas mengenai jenis dari asuransi jiwa secara jelas dan detail di bawah ini.

Inilah Jenis Asuransi Jiwa

Jenis asuransi jiwa terdapat 4 jenis di mana setiap jenis mempunyai manfaat, tujuan, dan kegunaannya yang berbeda. Asuransi jiwa sendiri merupakan produk asuransi yang memberikan jaminan berupa satuan atau uang pertanggungan kepada keluarga dari pihak nasabah yang meninggal dunia, mengalami, kecelakaan, cacat permanen, atau risiko lainnya.

Sebab perannya tersebut, produk asuransi ini sangat penting Anda miliki. Terlebih bagi mereka yang berperan sebagai satu-satunya tulang punggung dalam keluarga. Manfaat dari asuransi jiwa ini pada dasarnya tidak bisa dirasakan secara langsung oleh pemiliknya.

Melainkan pada ahli warisnya. Maka dari itu, asuransi juga untuk mengatasinya adanya risiko yang tercantum pada produk keuangan tersebut. Asuransi ini penting guna dimiliki agar kehidupan anggiota keluarga tercinta tetap terjamin meskipun telah ditinggalkan oleh tulang punggung utama keluarga.

Asuransi Jiwa Dwiguna

Jenis pertama asuransi jiwa pertama adalah asuransi jiwa dwiguna. Sesuai dengan namanya adalah asuransi yang mempunyai dua manfaat, yakni sebagai asuransi jiwa berjangka sekaligus tabungan. Nah, maksudnya, Anda sebagai pemegang polis bisa memperoleh nilai tunai dari premi asuransi yang sudah Anda bayarkan.

BACA JUGA :   Inilah 4 Manfaat Asuransi Pendidikan, Orang Tua Harus Tahu!

Berupa uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia dalam periode tersebut. Hal ini sesuai dengan kebijakan polis asuransi bersangkutan serta juga bisa menarik polis asuransi dalam waktu tertentu sebelum masa kontrak berakhir. Asuransi jiwa jenis ini sangat direkomendasikan bagi Anda lebih ingin memastikan ketersedian dana pendidikan untuk anak.

Asuransi Jiwa Berjangka

Jenis kedua untuk asuransi jiwa adalah asuransi jiwa berjangka atau juga disebut term life insurance. Asuransi jenis ini mempunyai fungsi untuk memberi perlindungan kepada pemegang polis dalam kurun waktu terbatas atau sesuai yang ditentukan saja. Asuransi jiwa ini biasanya menawarkan kontrak dalam jangka waktu mulai 5, 10, atau 20 tahun, dengan premi tetap serta terhitung terjangkau.

Jenis asuransi ini sangatlah rekomendasi untuk Anda ingin mengutamakan masa depan keluarga terutama pendidikan anak. Cocok bagi Anda yang mempunyai kebutuhan akan biaya asuransi besar, akan tetapi mempunyai kemampuan keuangan yang terbatas.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Jenis asuransi ketiga ini yakni asuransi jiwa seumur hidup. Asuransi juga sering disebut dengan while life insurance yang berfungsi memberikan perlindungan seumur hidup. Meski biasanya perusahaan asuransi membuat manfaat perlindungan hingga hanya 100 tahun.

Bagi Anda yang tidak punya tanggungan serta menginginkan manfaat lebih dari sekedar santunan kematian, atau Anda tertarik dengan ide tabungan jangka panjang ini adalah jawaban yang cocok untuk Anda.

Jadi, jika Anda menginginkan proteksi jiwa sekaligus tabungan untuk antisipasi segala kebutuhan darurat. Misalnya membayar biaya tagihan rumah sakit, Anda bisa mempertimbangkan guna membeli polis asuransi jiwa jenis ini.

3 jenis asuransi jiwa di atas sudah kami jelaskan secara detail. Kini giliran Anda untuk menggunakan dan memanfaatkan untuk masa depan yang akan datang.

BACA JUGA :   Inilah 4 Manfaat Asuransi Syariah Wajib Anda Ketahui!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *