Jenis Asuransi Syariah Berikut Pengertiannya, Simak

Jenis Asuransi Syariah Berikut Pengertiannya, Simak!

Jenis asuransi syariah sekarang ini cukup beragam karena asuransi kini menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki. Pasalnya, produk finansial ini dapat melindungi kita dari kerugian keuangan yang bisa terjadi kapan saja.

Produk asuransi ini sangat berguna apalagi untuk masa depan. Sebenarnya asuransi ini terbagi dua jenis yaitu konvensional dan syariah. Kali ini kita fokus untuk membahas produk asuransi syariah dari jenisnya hingga berbagai manfaatnya.

Jenis Asuransi Syariah yang Wajib Anda Ketahui

Salah satu perbedaan antara asuransi konvensional dan asuransi syariah adalah pada sisi kontraktual. Kontrak asuransi konvensional adalah kontrak asuransi dari perusahaan asuransi untuk pemegang polis.

Sementara itu, akad asuransi syariah digambarkan menurut hukum islam, perjanjian ini berarti saling membantu atau mengambil risiko di antara para peserta. Nah, berikut ini beberapa jenis asuransi yang masuk dalam kategori asuransi syariah.

Asuransi Jiwa Syariah

Jenis asuransi syariah yang pertama ini hampir mirip dengan jenis asuransi jiwa pada asuransi konvensional. Seperti namanya, produk asuransi ini memberikan manfaat berupa uang pertanggungan kepada ahli waris jika terjadi kematian peserta.

Namun, bedanya asuransi jiwa syariah ini melaksanakan proses asuransi sesuai dengan syariat islam yang membuatnya berbeda dari konvensional. Mungkin banyak orang yang tidak tahu jika asuransi syariah juga menawarkan asuransi jiwa seperti pada asuransi konvensional.

Asuransi Pendidikan Syariah

Produk perlindungan syariah lainnya adalah asuransi pendidikan syariah, produk asuransi ini kemudian memberikan kepada penerima beasiswa. Dalam hal ini, dana pendidikan anak sesuai dengan kesepakatan.

Aturannya, dana yang diberikan disesuaikan dengan tingkat pendidikan anak, harap dicatat bahwa manfaat asuransi ini dibayarkan bahkan jika pemiliknya meninggal dunia. Jadi meskipun pemiliknya sudah meninggal dunia keluarga yang ditinggalkan masih menikmati asuransi ini.

BACA JUGA :   Inilah 3 Jenis Asuransi Jiwa Beserta Penjelasannnya Untuk Anda Ketahui!

Asuransi Kesehatan Syariah

Jenis asuransi syariah berikutnya memberikan manfaat berupa santunan atau penggantian ketika pemiliknya sakit atau mengalami kecelakaan yang memerlukan perawatan medis. Nantinya semua biaya perawatan akan dibayarkan menggunakan asuransi ini.

Bahkan ketika penggunaannya meninggal asuransi ini masih dapat dicairkan dan digunakan oleh keluarga yang ditinggalkan. Proses perhitungan asuransi ini disesuaikan dengan syariat Islam yang membuatnya berbeda dengan asuransi konvensional.

Asuransi Syariah Berkelompok

Produk perlindungan dini disesuaikan dengan pemangku kepentingan kelompok seperti bisnis, organisasi atau komunitas. Premi asuransi yang dibayarkan untuk jumlah peserta yang banyak lebih murah dibandingkan produk asuransi syariah perorangan.

Asuransi Unit Link Syariah

Asuransi syariah terkait investasi merupakan produk asuransi syariah yang menawarkan manfaat asuransi sekaligus manfaat investasi. Nantinya, sebagian premi asuransi yang dibayarkan dialokasikan untuk harta tabarru, dan sebagian lagi untuk investasi.

Asuransi Kerugian Syariah

Seperti namanya, jenis polis ini memberikan kompensasi kepada peserta yang diasuransikan atas kerusakan properti yang tercatat. Dengan asuransi ini semua kerugian yang berasal dari kerusakan tersebut akan diganti menggunakan asuransi kerugian syariah.

Sama halnya dengan asuransi syariah lainnya asuransi ini juga menerapkan syariat Islam dalam penerapannya. Sehingga semua prosesnya tidak hanya menguntungkan satu pihak saja dan pastinya berbeda dengan asuransi konvensional.

Asuransi Haji dan Umroh

Jenis asuransi ini memberikan perlindungan finansial kepada peserta haji atau umrah terhadap bencana yang mungkin terjadi selama perjalanan haji ke Tanah Suci. Produk asuransi haji diatur secara khusus dalam Fatwa Asuransi Haji MUI No. 39/DSN-MUI/X/2022.

Jenis asuransi syariah ini bermanfaat bagi jamaah haji agar tenang selama menjalankan ibadah haji. Jenis asuransi ini juga hanya akan Anda temukan melalui asuransi syariah saja karena tidak ada asuransi haji dan umroh di asuransi konvensional.

BACA JUGA :   Manfaat Asuransi Kesehatan, Bisa Meringankan Beban Saat Sakit!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *