Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana, Usaha Lancar Jaya

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana, Usaha Lancar Jaya!

Cara membuat laporan keuangan sederhana harus dilakukan dengan urutan atau alur yang benar agar tidak membuat Anda bingung. Laporan keuangan memegang peranan penting dalam operasional dalam usaha yang tengah Anda jalankan.

Jadi, Anda harus paham cara untuk membuat laporan keuangan secara sederhana. Walaupun usaha anda tergolong kecil. Ya, cara membuat laporan keuangan secara sederhana ini akan lebih ringkas jika dibandingkan dengan skala besar.

Akan tetapi, harus ada laporan keuangan jika usaha Anda mencakup skala besar. Selain memperlancar proses administrasi, ternyata adanya laporan keuangan juga akan memudahkan dalam pengelolaan keuangan usaha. Meskipun akan mempelajari pembuatan laporan keuangan sederhana, akan tetapi harus dibuat dengan urutan laporan keuangan.

Inilah Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana

Bagaimana cara membuat laporan keuangan sederhana? Baca saja artikel kali ini yang akan memberikan cara atau tips dalam menyusun laporan keuangan secara singkat.

Sebelum memberikan caranya, Anda perlu tahu bahwa laporan keuangan merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban perusahaan kepada stakeholder. Sayangnya, banyak perusahaan yang belum menemukan dan memiliki inisiatif untuk pembuatan laporan sendiri.

Laporan keuangan merupakan ringkasan catatan dari keseluruhan transaksi dalam satu periode atau satu tahun pembukaan sebuah perusahaan atau badan usaha.

Jadi, setiap jenis usaha dalam berbagai skala, wajib menyusun laporan keuangan ini. Sebab dari laporan bisa didefinisikan kondisi finansial dan performa usaha Anda dalam satu periode.

Langsung saja berikut ini beberapa cara untuk membuat laporan keuangan secara ringkas:

  1. Membuat Buku Khusus Pengeluaran

Pertama Anda buat sebuah buku yang isinya khusus untuk pengeluaran dalam usaha Anda. Jadi, dengan buku ini, catatlah pengeluaran sekecil apapun. Akan lebih baik dan sangat memudahkan jika buku catatan pengeluaran ini sudah Anda miliki sebelum usaha mulai berjalan. Fungsi dari buku ini yakni untuk memudahkan Anda dalam menyeimbangkan kas di akhir periode.

  1. Buatlah Buku Khusus Pemasukan

Bukan hanya pengeluaran saja, Anda juga harus membuat buku khusus untuk pemasukan. Jadi, segala pemasukan pun wajib Anda catat. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengawasi keseimbangan usaha tengah berjalan.

BACA JUGA :   Tips Budgeting Agar Keuangan Sehat, Terapkan Mulai Sekarang, Yuk!

Anda akan sangat membutuhkan catatan ini pada akhir bulan, akhir kuartal, dan juga akhir tahun. Pada intinya, pastikan Anda untuk mencatat semua pemasukan setiap hari. Termasuk juga dengan hutang uang siap Anda lunasi.

  1. Membuat  dan Menyusun Neraca Saldo

Cara ketiga untuk membuat laporan keuangan secara sederhana yakni dengan membuat buku besar untuk menyusun neraca saldo. Neraca saldo merupakan daftar rekening-rekening buku besar dengan saldo debit serta kredit. Daftar rekening pada buku besar dikelompokkan ke dalam pasiva atau kelompok aktiva.

  1. Membuat Buku Catatan Inventaris

Buku ini berisi catatan atas semua barang dimiliki oleh perusahaan yang Anda jalankan. Baik barang beli atau diperoleh dari hibah kemudian dirawat. Fungsi dari buku ini untuk Anda jadikan identifikasi stabilitas perusahaan. Anda akan sangat membutuhkan catatan ini guna laporan pada akhir periode.

  1. Membuat Rangkuman Catatan Kas Utama

Cara dan tips terakhir dengan merangkum kas utama. Buku ini sangat penting untuk Anda buat. Sebab dengan buku ini bukan hanya karena memberikan data saja, melainkan dasar laporan keuangan. Jadi dalam rangkuman catatan ini, bisa berisi seluruh pemasukan dan pengeluaran, baik barang atau uang.

5 cara membuat laporan keuangan sederhana mudah sekali bukan. Ingat 5 cara tersebut harus Anda gunakan dan terapkan dalam laporan usaha yang tengah Anda jalankan sekarang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *