Inilah 4 Manfaat Asuransi Syariah Wajib Anda Ketahui

Inilah 4 Manfaat Asuransi Syariah Wajib Anda Ketahui!

Manfaat asuransi syariah salah satunya adalah sebagai opsi nasabah yang ingin ikut asuransi tapi takut akan riba. Pasalnya, jenis asuransi ini sebagai produk asuransi yang menggunakan sistem pengelolaan berbasis syariat islam.

Produk asuransi ini berbeda dengan asuransi konvensional yang berorientasi pada profit atau keuntungan. Tujuan utama dari asuransi ini yakni tolong menolong antar semua umat dengan asuransi tidak memberatkan peserta.

Adanya asuransi ini memang sangat berperan dan membantu sekali bagi semua orang. Zaman sekarang ini, mempunyai asuransi merupakan salah satu cara optimal demi meminimalisir risiko yang berujung pada kerugian.

Di Indonesia sendiri sudah banyak jenis asuransi, salah satunya asuransi syariah. Asuransi ini juga sebagai salah satu jenis asuransi paling banyak dipilih dan digunakan oleh kalangan banyak orang.

Berbagai Manfaat Asuransi Syariah

Manfaat asuransi syariah serta tujuannya yakni untuk memfasilitasi nasabah yang ingin menggunakan asuransi berdasarkan syariat Islam. Terdapat banyak sekali manfaat dari asuransi ini.

Asuransi syariah sendiri menjadi salah satu asuransi berumur muda. Dimana asuransi ini masuk pertama kali pada tahun 1990-an. Secara umum, asuransi syariah menawarkan keuangan serta proteksi sama seperti asuransi konvensional umumnya.

Sifat asuransi sebagai salah satu produk proteksi risiko tetap menjadi inti yang menggerakkan kegiatan asuransi syariah secara umum. Asuransi syariah dijalankan menggunakan asas tolong-menolong membantu antar nasabah pengguna yang tidak sesuai syariah.

Langsung saja berikut ini manfaat dari asuransi syariah:

  1. Bebas Riba

Sudah banyak orang yang  mengatakan bahwa asuransi konvensional masih ada riba. Sebab menukarkan harta dengan harga yang nominalnya tak sepadan. Nah, disinilah fungsi asuransi syariah bagi tertanggung, unggul jika dibandingkan produk konvensional, yakni bebas riba.

BACA JUGA :   Inilah Manfaat Asuransi Jiwa yang Bisa Anda Dapatkan!

Alasannya, akad dalam produk asuransi ini bukanlah menukarkan premi dengan uang klaim. Akan tetapi bergotong-royong antar sesama peserta. Jadi, jika ada peserta yang mengalami musibah, maka iuran para peserta terkumpul bisa digunakan untuk menolongnya.

  1. Premi Tidak Akan Hangus

Manfaat kedua dari asuransi syariah yakni premi tidak akan hangus. Jadi berbeda dengan asuransi konvensional, asuransi syariah ini akan mengembalikan iuaran para pesertanya, jika tidak ada klaim selama masa pertanggungan.

Skema risiko ini disebut dengan risk sharing atau pembagian risiko. Artinya, risiko yang dimiliki setiap peserta asuransi bakal ditanggung bersama.

  1. Transparansi yang Terjaga

Transparansi merupakan salah satu faktor mampu menarik dalam sebuah investasi dan asuransi syariah menawarkan transparansi terjaga guna para nasabah atau pemegang polis.

Jadi dengan konsep tolong menolong serta informasi mengenai biaya operasional diawal. Maka hal itu akan meningkatkan rasa kepercayaan nasabah guna menginvestasikan dananya ke dalam bentuk proteksi ditawarkan oleh asuransi syariah.

Jadi pada kesepakatan awal asuransi syariah juga menjelaskan mengenai pembagian yang akan diterima oleh pemilik layanan serta pemegang polis. Karena itu tentu akan berbeda di setiap penyelenggara asuransi syariah.

Meskipun begitu, para calon pemegang polis akan mendapatkan persentase jelas mengenai alokasi dana untuk tabarru’ dan ujrah atau imbal. Tujuan tersebut untuk menjaga dan melindungi seluruh pihak yang melakukan investasi melalui asuransi syariah.

  1. Diawasi Langsung oleh Dewan Pengawas Syariah

Agar asuransi syariah tetap berjalan sesuai dengan ajaran Islam, setiap kegiatannya selalu diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah. Bukan hanya berperan sebagai pengawas saja.

Dewan Pengawas Syariah juga mempunyai fungsi guna memberi persetujuan setiap transaksi yang akan dilakukan dalam tatanan syariat Islam. Maka dari itu, ketentuan asuransi syariah tidak bisa berubah sewaktu-waktu yang membuat salah satu instrumen investasi dengan produk proteksi ini. Karena mempunyai tingkat keamanan tinggi guna menjaga kepercayaan nasabah dan pemegang polis.

BACA JUGA :   Manfaat Asuransi Kesehatan, Bisa Meringankan Beban Saat Sakit!

4 manfaat asuransi syariah di atas bisa jadi pengetahuan pokok agar Anda segera memilih jenis asuransi satu ini. Sebab manfaatnya berbeda dengan jenis asuransi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *