Kenali Berbagai Jenis Asuransi Umum dalam Memberikan Perlindungan

Kenali Berbagai Jenis Asuransi Umum dalam Memberikan Perlindungan

Terdapat banyak produk asuransi yang sudah beredar di pasaran, termasuk asuransi umum. Sayangnya banyak orang yang belum memahami pengertian dan juga jenis asuransi umum. General insurance menjadi hal yang penting untuk menjamin segala sesuatu yang memiliki risiko kerugian. Berikut ini pengertian dan juga jenis-jenis dari asuransi umum.

Kenali Berbagai Jenis Asuransi Umum dalam Memberikan Perlindungan

Secara umum, asuransi umum merupakan suatu asuransi yang memberikan manfaat berupa ganti rugi kepada yang tertanggung. Bilamana telah terjadi kerusakan, kehilangan, dan kerugian pada harta benda. Memiliki asuransi umum dapat membantu menghindari dari kerugian atau juga menekan kerugian seminimal mungkin saat terjadi risiko.

Terdapat bermacam-macam risiko kerugian yang bisa saja Anda hadapi. Maka dari itu, perlu untuk mengetahui jenis asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini jenis asuransi umum.

Asuransi Umum Kendaraan Bermotor

Jenis asuransi yang pertama ini untuk memberikan perlindungan berupa ganti rugi bilamana telah terjadi kerusakan atau kehilangan pada kendaraan bermotor. Objek dari asuransi ini adalah kendaraan yang digerakkan oleh motor, seperti motor dan mobil. Akan tetapi asuransi ini tidak dapat memberikan perlindungan untuk kendaraan yang tidak bernomor polisi.

Asuransi kendaraaan bermotor ini digolongkan berdasarkan jenis perlindungan yang ditawarkan, meliputi total loss only, comprehensive, dan third party liability. Asuransi kendaraan ini perlu dimiliki oleh Anda pemilik motor atau mobil. Bahkan bisa menjadi wajib jika membeli kendaraan tersebut dengan cara kredit.

Asuransi Kebakaran atau Fire Insurance

Asuransi yang selanjutnya memberikan proteksi terhadap risiko dari terjadinya kebakaran. Jenis asuransi ini dapat melindungi rumah dari segala kemungkinan atau risiko terjadi kebakaran yang penyebabnya oleh nyala api. Baik dalam nyala kecil maupun besar, secara tidak sengaja dan pada umumnya sulit untuk dikendalikan.

BACA JUGA :   Inilah 4 Manfaat Asuransi Syariah Wajib Anda Ketahui!

Biasanya, asuransi ini juga bisa bermanfaat untuk melindungi bisnis. Untuk Anda yang memiliki rumah, gudang, atau aset tidak bergerak lainnya, jenis asuransi ini pas. Asuransi kebakaran juga biasa dimiliki para pebisnis untuk mengantisipasi risiko dari kebakaran yang melanda asetnya.

Asuransi Pengangkutan

Jenis asuransi pengangkutan memberikan penawaran pertanggungan atas risiko yang bisa menimpa barang atau aset dalam perjalanan. Asuransi ini juga bisa diklasifikasikan sesuai dengan moda pengangkut barang sebagai jaminan, misalnya asuransi pengangkutan darat dan asuransi pengangkutan laut.

Terdapat beberapa asuransi pengangkutan yang tersedia di pasaran seperti marine hull insurance, freight forwarder liability insurance, dan lain sebagainya. Asuransi pengangkutan cocok untuk usaha ekspedisi atau mengelola pelabuhan.

Asuransi Rekayasa atau Engineering Insurance 

Kemudian terdapat asuransi rekayasa yang dapat meminimalkan berbagai risiko yang dapat muncul berhubungan dengan rekayasa. Terdapat dua aspek yang dapat dilindungi oleh asuransi ini, yakni engineering proyek dan engineering non-proyek. 

Asuransi yang satu ini bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang mengerjakan proyek konstruksi atau mengoperasikan alat-alat rekayasa. Contoh asuransi ini, seperti boiler and pressure vessel insurance, civil engineering insurance, dan lain sebagainya.

Asuransi Lain-lain atau Miscellaneous Insurance 

Selain keempat produk diatas, terdapat juga jenis asuransi umum yang masuk ke dalam kelompok aneka asuransi lain-lain. Jenis ini mencangkup produk cukup luas, mulai dari public liability insurance, product liability insurance, hingga personal accident insurance. 

Produk asuransi ini cocok untuk Anda yang ingin melindungi bisnis dari tanggung jawab terhadap publik atau suatu proyek. Seperti misalnya taman, bendungan, dan lain sebagainya.

Itulah pengertian serta jenis asuransi umum yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Anda bisa mulai mencari kebutuhan asuransi yang sesuai.

BACA JUGA :   Jenis Asuransi Syariah Berikut Pengertiannya, Simak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *