Keuntungan Investasi Emas, Untuk Dana Darurat Hingga Dana Pensiun

Keuntungan Investasi Emas, Untuk Dana Darurat Hingga Dana Pensiun

Keuntungan investasi emas dewasa ini banyak dirasakan oleh banyak orang, bahkan dikala pandemi berlangsung. Selain saham, investasi emas dianggap sebagai bentuk investasi yang menjanjikan dan dapat menawarkan imbal hasil yang menarik. Jenis investasi ini merupakan pilihan investasi yang semakin meningkat di masa pandemi COVID-19. Ada beberapa cara untuk berinvestasi emas.

Emas sendiri tidak hanya kondang sebagai perhiasan. Akan tetapi juga diklaim sebagai peluang investasi yang sangat profitable. Hal ini dikarenakan investasi emas merupakan aset yang harganya cenderung naik dan jarang turun dengan jumlah yang signifikan.

Memang, harga emas telah meningkat secara signifikan akhir-akhir ini. Sekarang ini, emas banyak peminatnya sebagai sarana investasi. Oleh karena itu, wajib bagi Anda menggunakan peluang ini dengan baik dan benar, agar keuntungan menghampiri Anda.

Berdasarkan data Antam, emas Antam dijual pada kisaran harga Rp 600.000 per gram pada akhir tahun 2018. Harga tersebut naik signifikan selama tahun 2019. Pada 4 Desember 2019, Emas Antam dibanderol Rp 753.000/gram.

Keuntungan Investasi Emas, di Bursa Investasi Saat Ini

Emas menjadi salah satu aset yang jarang berubah. Sementara itu, proses jual beli yang bisa dilakukan di mana saja dan modal yang relatif murah hanyalah beberapa kenyamanan yang bisa Anda rasakan saat berinvestasi emas. Terlebih bagi Anda yang baru terjun di dunia investasi emas.

Peluang ini bisa dianggap sebagai peluang untuk berinvestasi emas. Di bawah ini adalah informasi detail mengenai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari berinvestasi emas.

Nilai Aset yang Relatif Stabil

Keuntungan investasi emas yang pertama adalah nilai aset emas Anda akan tetap stabil dari waktu ke waktu. Salah satu faktor harga emas cenderung tetap stabil di rekening tabungan emas Anda adalah adanya supply dan demand yang jelas di pasar.

BACA JUGA :   Inilah 3 Investasi untuk Pemula, Harus Anda Coba dan Jalankan!

Berinvestasi pada komoditas emas tidak hanya berfungsi sebagai alat investasi, tetapi juga melengkapi gaya hidup seseorang. Jadi, meskipun perdagangan emas tetap kuat, risiko jatuhnya harga emas mungkin cukup kecil.

Mudah Dicairkan, Jika Sewaktu-Waktu Membutuhkan Uang Tunai Cepat

Keuntungan lain dari berinvestasi emas adalah mudah untuk menarik investasi emas atau mengubahnya menjadi uang tunai. Karena sifat investasi emas yang mirip dengan tabungan tradisional, Anda dapat dengan mudah mengubah dana investasi emas menjadi uang tunai.

Apakah Anda memiliki emas dalam bentuk fisik atau digital, keberadaan emas sebagai logam mulia masih diakui keabsahannya hampir di seluruh dunia. Ini juga memfasilitasi likuidasi investasi emas di mana saja.

Tidak memiliki Bunga

Jika Anda melakukan investasi lain selain berinvestasi emas, Anda akan menemukan bahwa nilai yang Anda terima saat ingin merealisasikan aset cenderung berbeda jauh dengan nilai aset yang Anda terima sebagai akibat bunga. Namun, hal ini tidak berlaku untuk investasi emas.

Salah satu keuntungan investasi emas yang cukup menggiurkan adalah, Anda dibebaskan dari bunga yang termasuk dalam nilai investasi. Jadi saat Anda melakukan transaksi jual beli, nilai emas tersebut sesuai dengan yang Anda miliki di rekening tabungan Anda.

Sebagai Dana Darurat

Sama seperti tabungan biasa, Anda bisa menganggap tabungan emas Anda sebagai sumber dana darurat. Dengan rutin menabung emas sebagai bentuk investasi, maka semakin besar peluang untuk memperkuat keuangan Anda.

Mampu Melindungi Aset Kekayaan

Dengan aset yang umumnya stabil dan kemudahan mengubah emas menjadi uang tunai, Anda dapat mengubah tabungan emas Anda menjadi dana darurat, atau mungkin menyiapkan rencana pensiun.

Karena emas cenderung meningkat dari tahun ke tahun, keuntungan investasi emas lainnya karena jenis investasi ini cukup bagus yang dapat melindungi nilai kekayaan Anda dengan sebaik-baiknya. Perlindungan investasi emas dapat tercermin dari harganya yang selalu stabil dan cenderung naik, sehingga ketika dijual kembali biasanya investor emas mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

BACA JUGA :   Inilah 5 Keuntungan Investasi Tanah, Profit Naik Setiap Tahunnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *